Layanan dan Konsultasi Kesehatan Keliling (LKKK)

Dalam kurun waktu tahun 2005 - 2007, sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, Yayasan Bunga Melati Indonesia (YBMI) meluncurkan program Layanan dan Konsultasi Kesehatan Keliling (LKKK). 

Tujuan
  1. Mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan di dunia dalam kaitannya dengan membina hubungan yang baik antar sesama umat manusia.
  2. Merekatkan dan memperkokoh tali persaudaraan antara umat Islam.
  3. Memupuk rasa kepedulian sosial terhadap sesama umat Islam.
  4. Memberikan wadah dan kesempatan kepada donatur untuk menyumbangkan, baik berupa dana (zakat, infaq, sadaqah), barang maupun tenaga sukarela, bagi masyarakat yang membutuhkan.
  5. Menjaga dan memelihara kesehatan masyarakat pada umumnya.
  6. Membangun dan meningkatkan reputasi organisasi serta hubungan masyarakat dengan memperkenalkan program-program sosial kemasyarakatan Yayasan Bunga Melati Indonesia.
  7. Menciptakan dan membangun jaringan sukarelawan.

Manfaat

  1. Sebagai sarana ibadah yang merupakan perwujudan amal saleh kepada Allah Subhanallahu Wata’ala.
  2. Masyarakat dan umat Islam pada khususnya mendapatkan pelayanan kesehatan murah.
  3. Kesempatan untuk menjadi pelopor perubahan bagi perbaikan kondisi kehidupan manusia.
  4. Kesempatan untuk membela dengan efektif hak asasi manusia terutama dalam bidang kesehatan.
  5. Kesempatan untuk mengetahui peta situasi dan kondisi sosial dan ekonomi (demografi) masyarakat.
Layanan dan Konsultasi Kesehatan Keliling diselenggarakan di setiap mesjid, mushola atau tempat lain yang memungkinkan dan dilakukan secara berkeliling. Waktu kegiatan setiap 1 (satu) bulan sekali.

Program ini dibatasi hanya melakukan pelayanan kesehatan/pengobatan secara umum serta melakukan penyuluhan kesehatan. Untuk kasus penyakit berat dan tidak bisa ditangani oleh petugas klinik, akan diberikan surat rujukan dan atau rekomendasi untuk berobat lebih lanjut ke Puskesmas.

Penyelenggara Kegiatan

Dewan Pengurus Yayasan Bunga Melati Indonesia
Pembina:
  1. H.Toyib Detjek
  2. dr.H.Chairuddin Adnan
  3. Camat 
  4. Kepala Puskesmas

Penanggung Jawab: H. Sigid Noerocmad, SE.MM.
Manager Operasional:
  1. H.Koesniar M.Oyo
  2. Rizka Dwipa Anggana

Dana/Administrasi/Pembukuan: Rizka Dwipa Anggana
Transportasi/Perlengkapan: Muhammad Mulyana
Ketua Tim Kesehatan/Medis: dr.Elly Agustiana
Anggota Tim Medis: Anis Susmiati
Relawan: R.Imas Maesyaroh

Sampai dengan tanggal akhir program, Program Bhakti Sosial Layanan dan Konsultasi Keliling (LKKK) telah diselenggarakan sebanyak 17 (tujuh belas) kali di 11 (sebelas) tempat berbeda dengan jumlah pasien yang mendapat pengobatan adalah sebanyak 875 (delapan ratus tujuh puluh lima) orang.

Komentar